Pemantapan TOT Psikososial Penanggulangan Bencana

Oleh : Idha Kurniasih, S. Sos

Psikososial

Kegiatan Pemantapan berlangsung dari tanggal 11 sampai 15 Mei 2015 di Hotel Merlyn Park, Jakarta. Peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari 34 orang Tagana yang berasal dari 17 Provinsi dan merupakan perwakilan dari Kabupaten dan Provinsi, serta Peserta Pusat yang terdiri dari Pendamping Orang Dengan Disabilitas, Pendamping Lansia, Pendamping Anak, Perwakilan Direktorat Orang Dengan Disabilitas, Direktorat Lansia, Direktorat Kesejahteraan Anak, Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, Biro Perencanaan, TKSK dari Jakarta Timur serta TRC Linjamsos.

psikososial3

Selama lima hari tersebut kegiatan yang diikuti peserta diantaranya yaitu: outbond, pengenalan konsep dasar dalam psikososial,  dukungan psikososial saat bencana, psychosocial first aid, pendampingan psikosial individu dan kelompok. Disamping itu peserta juga mengikuti sesi sharing informasi tentang praktek-praktek psikosial yang dilakukan oleh organisasi UNFPA dalam konteks perempuan dan World Relief dalam konteks anak.

 

psikososial1

Peserta juga diberikan kesempatan untuk menerapkan teori-teori yang telah mereka pelajari dalam kelas melalui penyusunan rencana pemberian dukungan sosial serta praktek pemberian dukungan psikososial dalam kegiatan rekreasional.