Bhakti Sosial Nasional Tagana 2015

Baksos Nasional Tagana

Provinsi Aceh kali ini mendapat kehormatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Bhakti Sosial dan Apel Tagana Tingkat Nasional 2015. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 27 sampai dengan 31 Mei 2015. Pembukaan Bhakti Sosial Tagana dihadiri oleh Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Andi ZA Dulung, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Margowiyono, Gubernur Aceh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dermawan, Komandan Rindam Iskandar Muda, Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh dan SKPD terkait dan perwakilan anggota Tagana dari 34 Provinsi seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Andi ZA Dulung menyampaikan bahwa kini seluruh masyarakat dunia menyadari betapa pentingnya peran aktif masyarakat dalam penanggulangan bencana. Tagana yang kehadirannya diinisiasi oleh Kementerian Sosial merupakan relawan sosial berbasis masyarakat dan akan terus berkembang untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana.

penyerahan pitaka

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang menjadi pembina upacara Apel Nasional Tagana menerima penyerahan Pitaka dari perwakilan Tagana. Dalam sambutannya Mensos menyampaikan Bhakti Sosial Tagana merupakan ajang konsolidasi, refleksi dan penguatan semangat bagi Tagana serta salah satu bukti kiprah Tagana dalam penanggulangan bencana. Sehingga prinsip satu komando, satu aturan dan satu kesatuan yang telah disepakati semakin kuat.

simulasi

Pada upacara ini juga ditampilkan simulasi penanggulangan bencana oleh Tagana dan Basarnas sebagai salah satu Instansi yang konsen dalam penanggulangan bencana. Selain itu Tagana juga melaksanakan kegiatan Donor Darah bersama PMI setempat.

donor darah

Kegiatan Bhakti Sosial Tagana Nasional kali ini mengambil tema “Geutanyoe bandum menanggulangi bencana” yang artinya kita semua bersama-sama menanggulangi bencana”

Reporter : Fauzan Sulhi